Thursday, March 25, 2010

MAU TINGGI HARUS RENDAH

Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikanNya pada waktunya. (1 Petrus 5:6)

Ayat ini mengajarkan kita untuk merendahkan diri kita di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya pada waktunya nanti Tuhan akan meninggikan kita. Tuhan Yesus menjadikan diriNya teladan bagi kita manusia untuk dapat bersikap rendah hati, seperti yang tertulis dalam Filipi 2:8-11 "Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Buah dari kerendahan diriNya, Tuhan Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya Nama di atas segala nama supaya di dalam Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi" dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan bagi kemuliaan Allah Bapa!"

Tuhan menghendaki kita rendah hati dan mengasihi sesama manusia. Tidak menganggap orang lain rendah bahkan mencemooh mereka yang rendah, lemah dan berkekurangan. Karena sesungguhnya orang yang tinggi hati akan mengalami kehancuran dalam hidupnya. Mana yang akan kita pilih, hidup dengan kerendahan hati dan pada waktunya akan mendapat penghormatan serta ditinggikan, atau hidup tinggi hati, bangga dengan kesombongannya ketika di dunia, namun pada waktunya hidupnya akan hancur.

Selain itu Tuhan Allah sangat membenci manusia-manusia yang meningikan diri/congkak/sombong, seperti yang tertulis dalam Yakobus 4:6b: "karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak tetapi mengasihi orang yang rendah hati." Mari merendahkan diri di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kita. Orang yang rendah diri berkenan di hadapan Allah. Oleh sebab itu, mari bersikap rendah hati, menghormati dan mengasihi orang lain dalam setiap kehidupan kita. Bukan hanya di bibir tetapi dalam setiap perilaku dan tindakan.


Pelita Hati
HKBP Depok I Ressort Depok I

No comments: