Friday, January 8, 2010

BATU PENGIMANAN GEREJA


Dan akupun berkata kepadamu: engkau adalah petrus dan di atas batu karang ini aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya. (Matius 16:18)

Gereja Tuhan yang sesungguhnya adalah setiap orang yang beriman dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat dan menjadikan Dia sebagai penentu jalan kehidupannya. Jika kita bersedia dibangun sebagai Batu Karangnya, maka sebagai batu-batu yang kecil kita adalah jemaat akan disatukan menjadi Bait Allah yang indah. Di Gereja yang demikianlah Roh Kudus akan berkenan untuk kesempatan pertama.

Batu karang adalah batu pertama yag kokoh sebagai dasar. Bati ini akan menjadi titik awal dan pedoman untuk menyusun batu-batu yang lainnya agar menjadi "bangunan" gereja Tuhan yang berkenan. Batu-batu yang ada itu disusun oleh para Rasul dengan jalan mengajar kebenaran Firman Tuhan tentang Yesus sebagai Anak Allah.

Jadi, pengajaran paling mendasar dan harus kita imani adalah Tuhan Yesus sebagai Anak Allah. Setiap anak-anak Allah yang setia pasti akan semakin didewasakan dalam iman untuk dapat dibentuk menjadi Gereja Tuhan yang kokoh dalam anugerah Tuhan Yesus Kristus. Dan jika setiap Gereja dibangun dengan dasar ini, pastilah Gereja tersebut tidak akan dapat digoyahkan oleh kekuatan manusia manapun, atau alam maut tidak akan menguasainya.

Namun banyak Gereja yang didirikan bukan atas dasar Yesus Kristus melainkan atas dasar peraturan organisasi. Ciri utama Gereja yang dibangun atas dasar Batu Karang adalah Yesus Kristus akan mengutamakan kebenaran firman Tuhan di atas segala hal yang ada di dunia ini. Maka dapat dilihat pula bahwa setiap pengajaran Firman Tuhan yang disampaikan, pasti juga mengutamakan pengajaran kemurnian dan kebenaran Firman Tuhan dan menyingkirkan pengajaran yang menyesatkan.

Firman Tuhan tidak akan berubah sekarang dan selamanya, jika kita akan menjadi jemaatNya izinkanlah Firman Tuhan berada di kehidupan kita agar menjadi Batu Karang dalam kehidupan kita tidak tergoyahkan dengan apapun yang menimpa kita akan kuat, dan akan merubah kehidupan kita yang kelam penuh kecemasan dan ketakutan menjadi terang dan mengalami kemenangan demi kemenangan.

PELITA HATI
HKBP DEPOK I RESSORT DEPOK

No comments: