Thursday, July 2, 2009

Mengalahkan kekecewaan

Kita semua menjumpai keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan kita bertumbuh negatif, pahit hati, atau kecewa pada diri sendiri atau Tuhan. Tapi Paulus mengatakan: “Melupakan apa yang telah dibelakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan.” Dengan kata lain, Paulus sedang mengatakan , “Aku tidak akan tinggal dalam kekecewaan-kekecewaan kemarin atau kegagalan-kegagalan masa laluku.. Aku tidak akan berpikir tentang apa yang bisa aku lakukan atau seharusnya lakukan. Aku meninggalkan semua itu di belakang, dan aku melihat ke depan, pada hal-hal baik yang Tuhan sediakan bagiku.” Itulah jenis sikap yang sehrusnya kita miliki juga.
Setiap pagi saat kita bangun, tolaklah untuk tinggal dalam kesalahan-kesalahan hari sebelumnya. Tolaklah untuk tingggal dalam kekecewaan-kekecewaan kemarin. Bangunlah setiap hari dengan mengetahui bahwa Tuhan adalah Tuhan yang penuh kasih dan pengampunan, dan Ia mempunyai hal-hal besar yang tersimpan bagi kita.
Paulus berkata: “Aku maju ke depan. Aku berusaha keras untuk mencapai tujuan.” Kata-kata itu mengesankan usaha yng kuat. Tidak selalu mudah untuk mengatasi beberapa rintangan di jalan, kekkecewaan-kekecewaan itu. Dibutuhkan kemauan yang kuat. Kadang-kadang, mungkin dibutuhkan keberanian; kadang-kadang tidak ada apa pun kecuali iman di dalam Tuhan dan tekad yang akan membawa kita lewat. Tetapi kita dapat berkata, “Aku menolak terjebak di masa lalu. Aku tidak akan membiarkan masa lalu menghancurkan masa depanku. Aku maju terus. Aku berusaha kuat untuk maju, dengan mengetahui bahwa Tuhan mempunyai hal-hal yang luar biasa tersimpan bagiku.”
Saat kita membuat kesalahan-kesalahan dan kita semua melakukannya , rendahkanlah diri kita sendiri dan terimalah penmgampunan serta kemurahan Tuhan. Bersikaplah rela untuk mengampuni diri sendiri. Jangan hidup dalam penyesalan. Penyesalahan hanya untuk mengganggu iman kita. Iman harus selalu menjadi kenyataan masa kini, bukan suatu ingtan jauh di masa lampau. Tuhan akan mengubah kekecewaan-kekecewaan itu. Ia akan mengambil luka-luka kita dan mengubahnya menjadi bintang-bintang untuk kemuliaanNya.

No comments: