Monday, July 27, 2009

Sampele-sampele si ria-ria

SAMPELE-SAMPELE SI RIA-RIA
MANGAKKAT JARUM BOSI TONGON TU BARIBA
TUNGKOT JOM AMANI MALLOTOM
NABIBI NAMALAMUN TAKKUP GAOL NATATA
ANGGITTA METTENG-ETTENG
IBOTOTTA MARTATA
TALU AU MARJUJI SAYANG GETEP
ISE PATALUHON SI GANJANG MISE

"Hahaha....lucu kalilah lagu ini bah... meski hanya ngerti di bait terakhir doang. Kata-katanya yang jadul banget tidak mengurangi keunikan dari tiap kata perkata. Kamus tidaklah cukup berarti tuk menterjemahkanya, tapi butuh Raja Parhata atau Opung ni opung ni opungta hahhaha...Kidding. Molo soi husukkun pe annon bapakku, tulangku, bapatuaku asa haru huattusi.

Lagu ini sudah sangat tidak asing bagiku. Waktu masih anak-anak lagu ini sangat akrab di telinga kami. Kami sering menyanyikannya saat sedang bermain-main di halaman rumah atau pun di dalam rumah. Meskipun kami tidak memahami artinya namun kami selalu menyanyikan dengan suara keras-keras dengan hati senang hehhehe...jadi teringat masa anak-anak neh... Tapi anehnya, kala itu orang tua pun tidak ada yang berusaha mengartikan lagu ini pada kami atau memberitahu siapa penciptanya, atau aku yang lupa?? maklum masih cilik!

Dan setelah sekian lama, akhirnya aku mendengar kembali lagu ini dinyanyikan, tepatnya beberapa bulan lalu pada acara pesta pernikahan adat batak, diiringi musik gondang dan uning-uningan batak, wah!!indah banget. Hm, dimana lagi aku bisa mendengarkan lagu ini ya?? Oh yaaa... kali aja ada di youtube!!!! Yes, yesss... mudah-mudahan aja ada....Beta... taida di youtube asa tabege.
Mar-las ni roha mahita mambege angka ende-ende bataki, ai ondo deba si palambok roha dohot pusu-pusu. Hehhehe...

No comments: