Monday, October 20, 2008

Renungan IbSus 2

Buletin Ibadah Khusus Muda/i HKBP Jatiwaringin
Minggu, 19 Oktober 2008
Pengkotbah : Pdt. M. Nababan, S.Th.
Liturgis : St. L. Simbolon
Evangelium : Mazmur 51: 9-15
Epistel : 1 Yohanes 3: 11-15

Minggu ini Ibadah Khusus membawa kita lewat Firman Tuhan yang diberitakan untuk kita menjadi pribadi yang rendah hati kepada Tuhan Yesus. Rendah hati kepada Tuhan ditunjukkan dengan sikap kita untuk menyadari bahwa kita adalah orang berdosa yang harus mendapat pengampunan dari Tuhan. Karena biar bagaimanapun, yang memelihara dan memiliki hidup kita bukanlah kita sendiri tetapi Allah yang empunya.

Sebagaimana Raja Daud yang pada hari ini kita baca kisahnya, Mazmur yang disampaikannya kepada Allah merupakan doanya setelah ia melakukan perselingkuhan dengan Betsyeba, Daud adalah seorang yang diberkati Tuhan dan kita pun tahu ia adalah orang yang sangat dekat dengan Tuhan, tetapi sekali lagi bahwa manusia tidak satupun yang sempurna, Daud pun sesekali melakukan hal yang keji dimata Tuhan yang mendatangkan dosa untuk diri Daud.
Perselingkuhannya dengan Betsyeba telah menyadarkan Daud akan kesalahannya kepada Tuhan, dan ia tidak ragu datang memohon ampun kepadaNya, karena ia yakin, Tuhan mengasihi dan akan mengampuni dosanya, ia sama sekali tidak malu mengakui dosa dihadapan Tuhan, ia menunjukkan ketaatannya kepada Sang Pencipta, bahkan ia berjanji untuk mengajarkan orang lain tentang kebenaran.

Nah sama seperti di atas, kita pun diminta mengakui kelemahan kita dihadapan Tuhan, mengakui kesalahan kita dan memohon pengampunan, serta kita diberi tugas juga untuk membawa sekeliling kita untuk memahami kebenaran, sebagaimana slogan Tahun Marturia HKBP yang mengatan "BOAN SADANARI" atau "Bawa satu lagi kepada Tuhan Yesus".
Selamat beribadah.

No comments: