Sunday, October 26, 2008

Renungan IbSus 3

Buletin Ibadah Khusus Muda/i HKBP Jatiwaringin
Minggu, 26 Oktober 2008
Pengkotbah : Cln. Pdt. Tonggo Sitompul, S.Th.
Liturgis : St Esrom Sinaga.
Evangelium : Amsal 20: 22-27.
Epistel : Matius 5 : 38- 48.

Saudara, berkat rohani yang akan kita terima di Ibsus hari ini mengajarkan kita bagaimana seharusnya kehidupan seorang Kristen yang percaya kepada Tuhan. Kehidupan disini berbicara soal sikap, sifat dan tindakan kita sebagai orang percaya. Banyak sekali tantangan buat kita dalam mengikut Tuhan, beragam hal duniawi bias saja membuat kita melupakan Tuhan dan meninggalkan kebenaran.

Oleh karena itu, Amsal Salomo hari ini memberi nasehat kepada kita orang percaya untuk berperilaku yang benar sebagai orang percaya, yaitu:

1. Jangan pendendam dan tukang menghakimi.
Orang percaya dituntut untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi menutup kejahatan dengan Kasih, pembalasan hanya milik Tuhan.

2. Jangan suka berdusta dan merugikan orang lain.
Sebagai orang percaya kita dituntut hidup jujur dan bertindak adil

3. Jangan gampang berkata-kata tetapi tidak mempu melakukannya.
Dalam arti lain, orang percaya dituntut untuk betanggung jawab dalam hidupnya,, banyak orang yang berani berkata-kata, berani berjanji tetapi tidak dapat dipertanggungjawabkan dalam perbuatan, kalau sudah salah cenderung menutup diri atau berdalih.

4. Setiap orang percaya dianugrahi hikmat oleh Tuhan.
Hikmat ini seharusnya digunakan untuk menilai perbuatan yang baik dan tidak baik, mendorong kita melakukan yang baik dan menegur/menasehati orang lain yang kedapatan melakukan hal yang kurang berkenan.

5. Di dalam roh orang percaya ada Roh Allah yang berdiam disitu.
Oleh karena itu setiap orang percaya seharusnya digerakkan oleh Roh Tuhan (Roh Kudus) untuk melakukan yang pantas dan baik dalam kehidupan ini, setiap orang percaya harus membiarkan dirinya untuk dipimpin dan dikuasai Roh Kudus agar hidupnya dapat menerangi kehidupan sekitarnya dengan melakukan apa yang baik dan benar.

Demikian ke-lima nasehat Salomo buat kita dalam menyikapi hidup kita sebagai orang percaya, inilah lima ciri hidup orang percaya yang seharusnya kita lakukan. Maukah kita melakukannya? Jawabannya adalah harus.
Selamat beribadah.

No comments: