Saturday, November 29, 2008

Tersenyumlah untuk kesehatan kita

Kenyataannya adalah jika kita menjalani kehidupan dalam pikiran yang negatif, selalu tertekan, khawatir, dan penuh ketakutan, sistem kekebalan kita akan melemah, sehingga kita lebih rentan kena penyakit dan wabah. Para ahli ilmu pengetahuan menemukan bahwa setiap orang mengembangkan sel-sel bersifat kanker dalam tubuhnya setiap minggu. Tetapi dalam sistem kekebalan luar biasa yang Tuhan telah berikan kepada kita, kita mempunyai sel-sel yang disebut sebagai "sel-sel pembunuh alami". Sel-sel itu dirancang untuk secara khusus menyerang dan menghancurkan sel-sel abnormal.
Penelitian memperlihatkan bahwa ketakutan, kekhawatiran, kegelisahan, tekanan, dan emosi-emosi negatif lainnya sebenarnya melemahkan sel-sel pembunuh alami tersebut. Dengan kata lain, jika kita menjalani kehidupan dengan tegang dan tertekan, kita akan melemahkan sistem kekebalan kita sendiri, dengan membuat diri sendiri lebih rentan terkena penyakit dan wabah.
Di lain pihak, orang yang bahagia dan mempunyai suatu cara pandang positif, orang yang tertawa secara teratur, mengembangkan lebih banyak sel pembunuh alami ini dibanding orang yang ukurannya rata-rata. Bila kita penuh sukacita, sistem kekebalan kita berfungsi pada tingkat puncaknya, tepat seperti yang dimaksudkan Tuhan. Alkitab berkata, "Hati yang gembira adalah obat." Satu terjemahan mengatakan, "pikiran yang gembira bekerja menyembuhkan." Dan ayat firman Tuhan itu melanjutkan untuk menegaskan ilmu pengetahuan modern.
Satu hal tersehat yang kita dapat lakukan adalah tersenyum lebih sering. Saat kitsa tersenyum, senyum itu mengirimkan suatu pesan ke seluruh tubuh kita, dengan memasang nada untuk kehidupan kita. Penelitian memberitahukan kita bahwa saat kita tersenyum, zat-zat kimia tertentu dilepaskan dan berjalan ke seluruh sistem kita, dengan membuat kita santai dan menolong kita tetap sehat. Entah kita mempunyai suatu alasan untuk tersenyum atau tidak, putuskanlah bahwa kita akan tersenyum juga.

No comments: