Sunday, November 2, 2008

Renungan Ibsus 4

Renungan Ibadah khusus HKBP Jatiwaringin
Minggu XXIII Dung Trinitatis, 2 November 2008
Pengkotbah : Pdt. T.M. Br Tampubolon, STh.
Liturgis : St. A.G. Simanjuntak.
Evangelium : Yeremia 7 : 1-7
Epistel : Kis 2 : 37-41
Pembaharuan hidup dan tingkah laku.

Syalom!!! Salam Reformasi!!! Kata ini sangat sering kita dengar pada era 1998-2008, karena masa itu, bangsa kita bergejolak menuntut Reformasi. Apa itu Reformasi? Jelas artinya ada perubahan yang diarahkan kepada bentuk yang lebih baik.
Tanggal 31 Oktober lalu seluruh gereja Proestan di dunia merayakan peringatan Reformasi Gereja. Ratusan tahun lalu, Marthin Luther dengan berani menyerukan pembaharuan gereja, yang menolak penjualan surat penghapusan dosa (aplaat) oleh gereja katolik, dan keluarlah 95 dalil darinya yang diakui dan melahirkan gereja protestan.
Saudara, berkenaan dengan reformasi gereja, Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk melakukan pembaharuan diri dalam wujud pembaharuan hidup dengan memperbaiki tingkah laku kita yang berkenaan di mata Tuhan. Orang kristen dituntut untuk berubah dan memperbaharui diri dengan sikap yang memuliakan nama Tuhan.
Firman hari juga mengingatkan kita: Jangan melakukan ibadah tetapi sebatas seremonial belaka atau melakukan kewajiban agama, Kita rajin ibadah minggu/partangiangan tetapi sikap dan tingkah laku kita selalu kurang baik dan kurang berkenaan di mata Tuhan. Justru ibadah yang sejati ialah kalau kita berbuat dan bertindak yang memuliakan nama Tuhan.
Marthin Luther berkata: "Eclessia Reformata Zemper Reformanda" - "Gereja yang telah dibaharui harus terus-menerus dibaharui", kita adalah gereja itu. So, mari terus baharui diri kita, karena dunia ini mudah menawarkan dosa kepada kita. Agar Tuhan berkenaan kepada kita dan kita meraih berkat yang dijanjikanNya. Hidup Pemuda HKBP!!! Karena hari ini NHKBP Jatiwaringin mengadakan perayaan kebangkitan NHKBP, semoga NHKBP Jatiwaringin bangkit dalam wujud menjadi komunitas yang dapat membawa pembaharuan bagi Gereja dengan "Masiurupan, Marsitangiangan dan Marsihaposan". Selamat beribadah.

No comments: