Thursday, December 11, 2008

Renungan IbSus Muda/i

Buletin Ibsus Muda/i HKBP Jatiwaringin
Minggu Advent, 7 Desember 2008
Pengkotbah: Pdt.Arthur Sitorus, Sth.
Liturgis: St. B. Panggabean
Epistel: Yesaya 66:22-24
Evangelium: 2 Petrus 3;11-14

Minggu ini sudah memasuki minggu Advent ke-2 dan tak terasa Natal semakin dekat. Sebagaimana makna dari minggu Advent yang berarti menanti, Firman Tuhan hari ini, sangat erat dengan hal menanti tersebut, dimana hari ini kita diingatkan bahwa akan tiba hari Tuhan, dimana hari itu, Tuhan Yesus akan turun ke dalam dunia, untuk mengubah segalanya (memberikan langit dan bumi yang baru) serta menjemput umatNya yang setia kepadaNya untuk sama-sama tinggal di dalam kerajaanNya.
Masa itu memang belum datang, untuk itulah dikatakan saat ini kita sedang menanti, tetapi Firman Tuhan hari ini dengan tegas megatakan bahwa kedatangan Tuhan yang ke-dua pasti akan terjadi, dimana akan hadir langit dan bumi yang baru, yang menyertai kedatangan Tuhan, dan hanya orang setia kepada Tuhan dalam hidupnya atau dikatakan dalam Firman hari ini, “yang tak bercacat dan tak bernoda dihadapanNya”(Ay.14b), yang akan memperoleh anugrah tinggal di langit dan buni yang baru itu. Siapa diantara kita yang akan menolak untuk memperoleh anugrah itu, pasti tidak akan ada satupun manusia yang akan menolak untuk tinggal di langit dan bumi yang baru itu, namun ingat, bahwa hanya orang yang suci hatinya, yang setia kepada Tuhan, yang akan yang mendapat anugarah itupada hari kedatangan Tuhan. Hari Tuhan akan datang seperti pencuri, yang artinya kita tidak tahu kapan hari itu datang.
Oleh karena itu, sambil menanti kedatangan Tuhan itu, Firman Tuhan hari ini memberikan satu kunci untuk kita lakukan, dalam kita menanti kedatanganNya dan memperoleh anugrahNya, yaitu menjaga hidup kita supaya saleh dan suci, aplikasinya adalah memiliki Kasih, bertindak sesuai kehendak Tuhan dan memiliki iman yang semakin besar untuk mengenal dan mengikut Tuhan sepanjang hidup kita. Sungguh berat memang, karena kita hidup di dunia yan sudah penuh degan dosa, tetapi inilah tuntutan Tuhan kepada orang percaya.
Naatikanlah Tuhan dengan kesucian dan keslehan hidup, maka anugrahNya akan kita raih kelak. Selamat Advent. God Bless Us.

No comments: