Saturday, August 15, 2009

Ketetapan Allah

Pengkotbah 3:14 (Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya: itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi : Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Tuhan)

Bila matahari terbit dari timur dan terbenam di sebelah barat; bila dalam satu hari ada 24 jam; dalam satu minggu ada tujuh hari; dalam satu bulan ada 31 hari dan seterusnya, itu adalah ketetapn Allah sebab Dialah PenciptaNya dan itu semua bagi manusia untuk dinikmati dan dijalani. Seiring dengan perjalanan waktu itu Allah merancang dan menetapkan segala sesuatu bagi manusia, dan oleh sebab itulah Pengkotbah mengatakan: “segala sesuatu ada waktunya!” Apapun yang terjadi dan akan terjadi, yag dipikirkan dan dirancang dalam hidup ini, segala sesuatu ada waktunya. Pikiran dan tenaga manusia tidak pernah mampu mengubah pikiran dan rancangan Allah sebab Allah Mahakuasa, tidak dapat “didikte” oleh manusia. Dan Allah tidak pernah pernah berfikir untuk merancang sesuatu bagi kita untuk mendatangkan penderitaan?

Seringkali manusia memahami rencana dan ketetapan Allah seperti “takdir” yang tidak dapat dirobah. Allah berfirman: “Karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk memperoleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita (1Tess 5:9). Lalu pertanyaan yang mungkin timbul dalam pikiran kita adalah: Dimanakah Allah ketika saya mengalami pergumulan, penderitaan, penyakit dan sebagainya? Firman Tuhan hari ini menjawab: bahwa segala sesuatunya ada waktunya, maka Allah menetapkan itu semua supaya manusia takut akan Dia. Supaya manusia mengenal kuasaNya yang mampu menjadikan sesuatu indah pada waktunya. Semua peristiwa akan kita hadapi dalam iman dengan keyakinan bahwa di dalam Allah segalanya akan baik. Amin! (JN)

Ibadah Harian Keluarga
HKBP Palembang Ressort palembang
HKBP Distrik XV SUMBANGSEL

No comments: