Friday, December 19, 2008

Perayaan Natal HKBP Jatiwaringin

Pada minggu kedua di bulan Desember 2008, atau pada minggu Advent ketiga dalam masa-masa penantian akan kedatanganNya, Gereja HKBP Jatiwaringin dalam prakteknya sudah mempersiapkan penyelenggaraan perayaan-perayaan Natal di bulan Desember ini. Dalam merayakan hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus Sang Juruselamat manusia, panitia Natal pun sudah dibentuk sejak bulan November lalu. Dan segala persiapan sudah dilakukan dari setiap seksi, mulai dari Penerbitan Buletin Natal setiap minggu yang isinya menjelaskan tentang makna Natal dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Natal yaitu: jadwal perayaan Natal, laporan keuangan Natal serta ucapan selamat Natal.
Pohon Natal yang berukuran tiga meter yang biasanya berada di sebelah kiri Altar Gereja sudah dipasang, dan yang lebih unik lagi, di samping Pohon Natal sudah di bangun sopo-sopo (rumah kecil) yang menyerupai kandang domba yang mengingatkan kita akan tempat kelahiran Tuhan Yesus Kristus, juga segala perlengkapan, aksesoris maupun pernak-pernik sudah dikeluarkan untuk menghiasi Pohon Natal maupun ruangan Gereja supaya kelihatan indah.
Pemimpin jemaat/Parhalado dan Panitia Natal juga mengharapkan dukungan dari seluruh Jemaat HKBP Jatiwaringin dalam bentuk ucapan syukur yaitu, dengan menyediakan Amplop Natal untuk mensukseskan Perayaan-perayaan Natal, yaitu Natal Anak Sekolah Minggu, Natal Naposo-Remaja dan Natal Umum. Selain itu, panitia juga dalam dua minggu ini membuka Bazar di lapangan parkir, dan siap dengan palayanannya bagi setiap jemaat yang memesan makanan. Kiranya pencarian dana berjalan dengan lancar.
Tema Natal HKBP Jatiwaringin pada tahun ini adalah “Usahakanlah kesejahtraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu (Yeremia 29: 7). Ibadah malam Natal, Rabu, 24 Desember 2008, akan dilaksanakan 3x kebaktian. Begitu juga dengan Ibadah Natal I tambah Perjamuan Kudus hari Kamis, 25 Desembrer 2008 akan dilaksanakan 3x kebaktian, dengan tata ibadah menggunakan Bahasa Batak 2x dan Bahasa Indonesia 1x. Sedangkan Ibadah Natal II, 26 Desember 2008 hanya 1x kebaktian.
Pada minggu , 21 Desember 2008, Ibadah Khusus Muda/i HKBP Jatiwaringin juga akan mengadakan Ibadah yang bernuansa Natal, dengan tema “Immanuel! Tuhan Allah menyertai kita”Kebaktian akan di mulai pkl: 15.00 Wib, setengah jam dipercepat dari jam Ibsus sebagaimana biasanya. Sedangkan Natal Gabungan Pelajar Sidi, Remaja dan NHKBP akan diadakan pada hai sabtu, 20 Desember 2008 dengan tema: “Sejahtera masyarakat, sejahtera Gereja” (Yeremia 29: 7) dan sub-tema: “Heal The World, Through Us, Lord!” sangat diharapkan peran serta kaum muda HKBP Jatiwaringin untuk hadir dan mendoakan Natal tersebut.
Perayaan Natal Anak Sekolah Minggu kelas Batita & Balita, Kelas I-4 SD dan Kelas 5 SD – SLTP sudah diadakan lebih awal pada tanggal 5, 6 dan 8 Desember 2008 dan Ibadah berjalan dengan lancar.
Dalam mempersiapka ibadah perayaan Natal, kemeriahan dan semarak sudah kian terasa, sukacita jemaat dalam merayakan hari kelahiran Sang Juruselamat cukup jelas terlihat, koor/lagu pujian dari setiap wijk sudah dipersiapkan, juga koor kategorial dan khususnya Naposo, dalam satu minggu dua kali latihan.
Kiranya sukacita dan makna Natal selalu bernaung dihati kita dan makna Natal tidak hanya berlangsung saat ini tetapi tetap ada di setiap detik kehidupan kita.
Tuhan senang dengan antusias kita dalam merayakan kelahiranNya tapi Tuhan juga menginginkan kita meluangkan waktu untukNya dan menjalin hubungan serta menjadi sahabatNya yang baik. Tentunya dengan semakin kita akrab denganNya, kita semakin mengetahui kebenaran-kebenaranNya dan kita juga semakin peduli terhadap hal-hal yang Tuhan peduli dan kehendaki. Tuhan peduli pada UmatNya dengan menebus kita dari dosa dunia. Dan inilah alasan mengapa Yesus datang ke dunia ini, dan kita yang sudah diselamatkan memberitakan kabar tersebut kepada orang lain.
Selamat merayakan hari Natal. Tuhan Yesus memberkati.

3 comments:

Anonymous said...

Paritur Koor u/Pesta Bona Taon di www.hkbpdistrik8.org

Rebekka Simanjuntak said...

Ya terima kasih atas pemberiahuannya,
kebetulan aku jg sudah visit ke blognya dan aku sangat tertarik dengan tulisan koornya/partiturnya.

Parapat News said...

Maju terus Remaja dan Pemuda HKBP